Bagaimana chalazion didiagnosis?


Kalazion adalah benjolan yang berkembang perlahan yang terbentuk karena penyumbatan dan pembengkakan kelenjar minyak di kelopak mata. Chalazion umumnya bukan infeksi.

Chalazion sering kali dimulai sebagai daerah kelopak mata yang merah, lunak, dan membengkak. Dalam beberapa hari, itu bisa berubah menjadi benjolan yang tumbuh lambat tanpa rasa sakit seukuran kacang polong.

Chalazion sering dikacaukan dengan bintil (atau hordeolum), yang merupakan infeksi kelenjar minyak di kelopak mata. Tembel menghasilkan benjolan merah, bengkak, menyakitkan di tepi atau bagian dalam kelopak mata dan biasanya terjadi lebih dekat ke permukaan kelopak mata daripada chalazia. Jika tidak diobati, tembel dapat menyebabkan pembentukan chalazion.

Jangan mencoba memeras atau mengeringkan chalazion sendiri. Anda mungkin perlu perawatan untuk penyembuhan yang tepat.

Karakteristik chalazion:
  • Benjolan atau benjolan tanpa rasa sakit di kelopak mata atas atau, lebih jarang, di kelopak mata bawah
  • Disebabkan oleh penebalan cairan di kelenjar minyak (kelenjar meibomian) pada kelopak mata
  • Air mata dan iritasi ringan dapat terjadi karena kelenjar yang terhambat diperlukan untuk air mata yang sehat
  • Penglihatan kabur, jika chalazion cukup besar untuk menekan bola mata
  • Lebih umum pada orang dewasa daripada anak-anak; paling sering terjadi pada orang berusia 30-50
  • Hilang tanpa pengobatan dalam beberapa minggu hingga satu bulan, meskipun mereka sering kambuh.

Faktor risiko meliputi:
  • Jerawat rosacea
  • Blefaritis kronis (radang kelopak mata, sering karena bakteri berlebih)
  • Seborrhea
  • TBC
  • Infeksi virus
  • Jarang, mereka mungkin merupakan indikasi infeksi atau kanker kulit

Bagaimana chalazion didiagnosis?
Chalazion paling baik didiagnosis oleh dokter mata Anda, yang dapat menyarankan Anda tentang pilihan perawatan. Pengujian yang diperlukan mungkin termasuk:

Riwayat pasien untuk menentukan gejala dan adanya masalah kesehatan umum yang mungkin berkontribusi terhadap masalah mata. Pemeriksaan eksternal mata, termasuk struktur kelopak mata, tekstur kulit dan penampilan bulu mata. Evaluasi margin tutup, pangkal bulu mata dan lubang kelenjar minyak menggunakan cahaya terang dan pembesaran

Bagaimana chalazion dirawat?
Kabar baiknya adalah bahwa banyak chalazia membutuhkan perawatan medis minimal dan membersihkan sendiri dalam beberapa minggu hingga sebulan.

Oleskan kompres hangat ke kelopak mata selama 10 hingga 15 menit 4 hingga 6 kali sehari selama beberapa hari. Kompres hangat dapat membantu melunakkan minyak yang mengeras yang menghalangi saluran dan memungkinkan drainase dan penyembuhan.

Anda dapat membuat kompres hangat dengan mencelupkan kain lembut bersih ke dalam air hangat dan kemudian memerasnya (meskipun Anda mungkin lebih suka masker panas yang dapat digunakan kembali secara komersial). Remoisten kain secara teratur agar tetap basah dan hangat.

Anda juga dapat memijat lembut kelopak mata luar beberapa menit setiap hari untuk membantu meningkatkan drainase. Setelah chalazion mengering sendiri, jaga kebersihan area, dan jauhkan tangan dari mata.

Jika chalazion tidak mengering dan sembuh dalam waktu sebulan, hubungi dokter mata Anda. Sekali lagi, jangan mencoba untuk menekan atau "pop" chalazion, karena Anda dapat secara tidak sengaja melakukan lebih banyak kerusakan.

Subscribe to receive free email updates: