Jenis-jenis kedokteran gigi








Apa itu Dokter Gigi
Dokter gigi mengidentifikasi dan mengobati masalah yang menyangkut mulut, gusi, dan gigi pasien. Tugas mereka termasuk mengekstraksi gigi, memasang gigi palsu, dan mengisi lubang gigi. Beberapa memilih untuk berspesialisasi dalam bidang yang berkisar dari mengobati masalah dan penyakit mulut yang serius hingga meluruskan gigi dan melakukan operasi mulut. Mereka dibantu oleh ahli kesehatan gigi , yang menyelesaikan pembersihan gigi pasien, dan oleh asisten gigi , yang biasanya membantu dengan pencatatan dan sterilisasi instrumen.

Menurut pendapat Artria banyak orang takut pada dokter gigi. Ketika mereka membuka lebar, mereka takut apa yang akan ditemukan oleh dokter gigi. Namun rongga lain. Atau bahkan lebih buruk lagi - apakah ini sudah waktunya untuk saluran akar. Akankah dokter gigi mempermalukan mereka tentang frekuensi flossing atau minum kopi. Apakah mereka akan mendorong prosedur yang tidak diinginkan pasien

Jenis-jenis kedokteran gigi
Anda dapat memilih untuk mengambil spesialisasi di bidang kedokteran gigi yang berbeda, seperti:

perawatan gigi komunitas : bekerja di rumah pasien, rumah perawatan dan klinik komunitas, merawat pasien yang memiliki persyaratan khusus yang berarti mereka tidak dapat menghadiri praktik jalan tinggi
kesehatan masyarakat gigi : melakukan pekerjaan non-klinis, menilai kebutuhan kesehatan gigi populasi daripada individu
perawatan gigi di rumah sakit : menangani kasus-kasus kesulitan khusus dan menyediakan perawatan untuk pasien rumah sakit yang tinggal lama, perawatan darurat untuk pasien yang tinggal pendek atau masyarakat umum untuk tujuan pengajaran
angkatan bersenjata : menyediakan serangkaian layanan gigi komprehensif untuk personel angkatan bersenjata di Inggris dan di luar negeri.
Tanggung jawab
Sebagai seorang dokter gigi, Anda harus:

mendidik pasien tentang perawatan kesehatan mulut
memeriksa gigi, mendiagnosis kondisi gigi menggunakan alat-alat seperti x-ray
menilai opsi perawatan dan menyetujui rencana perawatan dengan pasien
melakukan perawatan klinis yang disepakati seperti memulihkan gigi yang terkena pembusukan dan mengobati penyakit gusi
memelihara catatan gigi pasien
merekrut, melatih dan mengelola staf
awasi anggaran dan pertahankan persediaan peralatan
layanan pasar untuk klien potensial.
Beberapa praktik mempekerjakan manajer praktik sehingga dokter gigi dapat berkonsentrasi pada pekerjaan klinis.

Gaji sebagai seorang dokter gigi
Sebagai dokter gigi baru yang berkualifikasi, jika Anda ingin bekerja di NHS Anda harus menyelesaikan satu tahun pelatihan dasar. Selama waktu ini Anda akan mendapatkan gaji £ 31,355.
Sebagian besar dokter gigi adalah kontraktor wiraswasta dalam praktik umum, mencampurkan NHS dengan pekerjaan pribadi. Dalam pengaturan ini Anda bisa mendapatkan £ 50.000 hingga £ 110.000. Dokter gigi yang sepenuhnya swasta dapat memperoleh £ 140.000 +.
Jika Anda bekerja sebagai dokter gigi yang dipekerjakan oleh NHS, terutama di layanan gigi komunitas, Anda akan mendapat gaji £ 38.861 hingga £ 83.118.
Di rumah sakit NHS trust, konsultan dalam spesialisasi gigi mendapatkan £ 76.761 hingga £ 103.490 tergantung pada jumlah tahun yang dihabiskan di kelas konsultan.
Pos gaji lainnya ada di angkatan bersenjata dan dalam praktik perusahaan.

Angka penghasilan hanya dimaksudkan sebagai panduan.

Jam kerja seorang dokter
Jika Anda bekerja sebagai GDP, Anda akan menjadi wiraswasta dan dapat mengatur jam kerja Anda sendiri, yang mungkin termasuk sesi akhir pekan atau malam hari yang sesuai dengan pasien. Istirahat karir dan peluang kerja paruh waktu tersedia.

Pekerjaan di dalam rumah sakit cenderung untuk kontrak jangka pendek dan melibatkan jam kerja yang lebih tidak teratur, dengan tanggung jawab atas panggilan. Wirausaha dan pekerjaan lepas dalam kedokteran gigi rumah sakit hanya mungkin dilakukan oleh konsultan.

Apa yang diharapkan
Pekerjaan tersedia di seluruh negeri, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan.
Saat merawat pasien, Anda harus mengenakan tunik, sarung tangan bedah, dan kacamata keselamatan untuk perlindungan dan untuk mengurangi risiko infeksi silang.
Ketegangan mata dan leher serta kelelahan punggung bisa disebabkan oleh pekerjaan itu. Anda mungkin mengalami tingkat stres yang tinggi ketika menangani rasa sakit dan kecemasan pasien atau akibat bekerja dalam jadwal waktu yang ketat. Namun, perannya juga bisa sangat bermanfaat ketika Anda melihat kepuasan pasien.
Perjalanan dalam hari kerja dan ketidakhadiran semalaman dari rumah tidak umum dalam praktik umum, tetapi kadang-kadang mungkin diperlukan untuk bekerja di rumah sakit.
Peluang untuk perjalanan ke luar negeri dapat muncul untuk menghadiri konferensi internasional.
Studi kasus terkait

Kualifikasi
Anda harus memiliki gelar yang disetujui dalam kedokteran gigi untuk berpraktik sebagai dokter gigi dan kursus membutuhkan setidaknya lima tahun untuk menyelesaikannya. Anda biasanya membutuhkan nilai tinggi di A-level / Tinggi, dengan mata pelajaran kimia dan biologi yang diperlukan. Beberapa sekolah kedokteran gigi menawarkan kursus pra-gigi satu tahun bagi mereka yang tidak memiliki tingkat A yang dipersyaratkan atau setara.

Jika Anda sudah menyelesaikan gelar, mencapai setidaknya 2: 1 dan kursus memiliki elemen besar biologi atau kimia, Anda mungkin dapat melakukan kursus gigi empat tahun dipercepat.

Semua sekolah kedokteran gigi di Inggris diatur oleh General Dental Council (GDC) dan daftar kursus yang tersedia dapat ditemukan di Program dan Kualifikasi Kedokteran Gigi GDC . Persaingan untuk sekolah kedokteran gigi sangat ketat dan banyak yang mengharuskan Anda mengikuti Tes Klinis Aptitude Inggris (UKCAT) atau Tes Penerimaan BioMedis (BMAT) .

Cari tahu lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat mempersiapkan diri untuk UKCAT . Jika itu panduan untuk BMAT yang Anda butuhkan, kunjungi Cambridge Admissions Testing - Persiapan untuk BMAT . BMAT memiliki dua tanggal tes, yang jatuh pada bulan September dan Oktober.

Beasiswa yang telah diuji kemampuan mungkin tersedia untuk Anda dari NHS selama tahun-tahun terakhir kursus Anda. Cari tahu lebih lanjut di Layanan Mahasiswa NHS .

Setelah Anda berhasil menyelesaikan gelar sarjana Anda, Anda harus mendaftar dengan GDC untuk berlatih sebagai dokter gigi yang berkualitas.

Keterampilan
Anda harus menunjukkan:

ketangkasan manual dan keterampilan gigi teknis, ditambah kemampuan untuk mempertahankan konsentrasi yang intens untuk periode yang lama
kemampuan untuk membangun hubungan dengan pasien dan kolega
keterampilan komunikasi dan interpersonal tingkat tinggi, untuk interaksi dengan pasien dari segala usia dan latar belakang
minat pada kesejahteraan orang lain dan sikap simpatik, khususnya untuk menghadapi ketakutan pasien
kemampuan administrasi dan manajerial yang baik untuk menjalankan praktik gigi
keterampilan teknologi informasi, karena meningkatnya penggunaan komputer untuk menyimpan catatan dan akun, dan untuk pencitraan digital dari radiografi dan fotografi intra-oral.
Pengalaman kerja
Pengalaman pra-entri kedokteran gigi tidak penting, tetapi beberapa minggu pengalaman kerja terkait dan bayangan kerja akan menunjukkan motivasi Anda untuk bekerja.

Merupakan ide yang bagus untuk menjadi anggota mahasiswa British Dental Association (BDA). Anda akan menerima akses ke majalah siswa, publikasi profesional, e-book, diskon buku dan akses ke acara jejaring. Cari tahu lebih lanjut di BDA - Siswa .

Pengusaha
Ada beberapa cara Anda dapat dipekerjakan sebagai dokter gigi:

Dalam praktik gigi : Anda akan dipekerjakan sebagai asisten atau akan bekerja sebagai rekan wiraswasta , menyediakan NHS dan / atau layanan gigi pribadi. Praktik gigi bervariasi dalam ukuran dari praktisi tunggal, operasi paruh waktu hingga kemitraan banyak tempat dengan beberapa rekan.
Dalam kepercayaan rumah sakit NHS : sebagai dokter gigi bergaji yang berspesialisasi dalam bidang tertentu seperti kedokteran gigi anak, ortodontik atau kedokteran gigi restoratif.
Dalam layanan gigi komunitas : bekerja di berbagai pengaturan klinis sebagai dokter gigi bergaji di dalam NHS, termasuk operasi otoritas kesehatan, klinik keliling dan rumah tinggal.
Di angkatan bersenjata : di lokasi di Inggris dan di luar negeri dengan Royal Air Force, Royal Army dan Royal Navy.
Praktik korporat dan pusat akses gigi regional juga mempekerjakan dokter gigi dan menjadi lebih umum.

Universitas dengan sekolah kedokteran gigi dan rumah sakit pendidikan menawarkan pilihan untuk menggabungkan pengajaran akademik dengan penelitian untuk mengejar minat khusus secara mendalam.

Pengembangan profesional
Setelah Anda menyelesaikan gelar kedokteran gigi Anda, dan sebelum dapat berlatih sebagai dokter gigi, Anda harus mendaftar ke GDC. Untuk mempertahankan pendaftaran sepanjang karier Anda, Anda harus mengikuti kode etik profesional dan pengembangan profesional berkelanjutan yang lengkap (CPD).

Setelah Anda terdaftar di GDC, Anda dapat memulai pelatihan dasar gigi Anda. Ini adalah periode pelatihan berbasis kerja yang harus diselesaikan oleh semua dokter gigi. Anda akan berbasis di praktik gigi yang disetujui dengan praktisi berpengalaman yang akan menjadi pelatih Anda. Selain menerima tutorial mingguan dalam praktiknya, Anda akan menghadiri kuliah dan demonstrasi sehari-hari, biasanya diadakan di departemen gigi rumah sakit.

Setelah berhasil menyelesaikan kursus ini, Anda dapat memasuki praktik sebagai rekanan wiraswasta atau asisten yang dipekerjakan berdasarkan gaji.

Jika Anda ingin mempertimbangkan karier sebagai konsultan rumah sakit, Anda perlu mengikuti pelatihan spesialis lebih lanjut di lingkungan rumah sakit. Tersedia kursus untuk kualifikasi spesialis di bidang-bidang seperti ortodontik, kedokteran gigi implan, dan kedokteran gigi estetika. Untuk detail, konsultasikan dengan:

Prospek karir
Setelah Anda menyelesaikan pelatihan dasar Anda, pengembangan dimungkinkan untuk peran rekanan atau mitra dalam praktik umum. Banyak dokter gigi akhirnya memiliki dan menjalankan praktik. Anda harus bertanggung jawab atas pengelolaan staf, anggaran, pajak, peralatan, dan tempat tetapi akan memiliki kebebasan untuk mengatur jam kerja Anda sendiri dan area spesialis.

Jika Anda masuk ke kedokteran gigi rumah sakit, Anda akan mengikuti struktur karier dan jalur pelatihan yang ditentukan dan harus mendapatkan kualifikasi pascasarjana yang diakui untuk maju ke pos senior. Empat spesialisasi utama dalam layanan gigi rumah sakit adalah:

operasi oral dan maksilofasial
orthodonsi
kedokteran gigi pediatrik
kedokteran gigi restoratif.
Dalam layanan gigi komunitas, pengalaman diperoleh sebagai petugas gigi klinis komunitas dan Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan kualifikasi pascasarjana melalui studi paruh waktu. Anda dapat berkembang menjadi peran petugas gigi senior, dengan tanggung jawab khusus di bidang-bidang seperti epidemiologi atau merawat pasien dengan kebutuhan khusus.

Jika Anda melakukan pekerjaan di universitas dengan sekolah kedokteran gigi dan rumah sakit pendidikan, Anda dapat, dengan kualifikasi pascasarjana yang relevan, maju ke jabatan dosen senior atau jabatan guru besar.

Subscribe to receive free email updates: